Ide dan Konsep Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Redaksimuda.com – Mendirikan bisnis bisa dikatakan sulit mudah. Poin utama yang harus dimiliki adalah memiliki konsep untuk menciptakan kesan serius bagi pelanggan.

Melalui sebuah konsep juga, bisnis yang anda jalankan bisa lebih terarah dan berjalan dengan baik berdasarkan strategi yang sedang dikembangkan.

Selain dua manfaat di atas, keberadaan konsep bisnis juga dapat membantu Anda memperkirakan perkiraan modal usaha dan kredibilitas di masa depan. Jadi, apa konsep bisnis yang benar dan benar?

Cara Membuat Konsep Bisnis

Ide dan Konsep Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Secara umum, ada 5 cara yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin membuat konsep bisnis, termasuk:

1. Tentukan Nama Produk Dan Bisnis

Sebelum memperkenalkan bisnis, Anda harus terlebih dahulu menentukan produk apa yang akan ditawarkan, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Setelah produk ditentukan, langkah selanjutnya adalah siapkan namanya.

Akan lebih baik jika nama yang disematkan pada produk mencirikan keunikan serta mewakili produk anda. Ini bertujuan untuk memudahkan orang atau konsumen potensial untuk mengenalinya.

2. Membangun Filosofi Bisnis

Filosofi bisnis akan menjadi referensi sepanjang masa dalam bisnis. Filosofi bisnis mengandung Visi, Misi, Tujuan, dan target yang ingin dicapai.

Dengan filosofi ini, bisnis Anda akan lebih mudah berkembang karena Anda sudah tahu cara mempromosikannya.

3. Menentukan Target Pasar

Anda harus melakukan analisis pasar untuk menentukan target pasar, mulai dari usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan lain sebagainya. Dengan menentukan target pasar, Anda dapat memperkirakan Strategi seperti apa yang harus diterapkan.

4. Lakukan Riset Pasar

Penelitian sangat penting dalam memulai bisnis. Dengan melakukan riset, Anda dapat mengetahui apa selera konsumen di pasar berdasarkan tren yang muncul.

Sebagai contoh, katakanlah Anda melakukan penelitian tentang selera anak muda saat ini. Alhasil, mereka menyukai penampilan yang simpel dan elegan. Jika Anda ingin membangun bisnis tas, maka sesuaikan model tas dengan selera anak muda sederhana, misalnya tas bahu kecil atau tas selempang dengan beberapa aksesoris sederhana.

5. Melakukan Analisis Keuangan

Jangan pern ah meremehkan analisis keuangan! Bukankah ada banyak bisnis yang gulung tikar karena kekurangan modal, yang disebabkan oleh analisis keuangan mereka yang buruk?

Bisnis Online Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Di era modern ini, ada banyak orang yang melakukan bisnis online. Bisnis Online sendiri adalah segala jenis bisnis yang pemasarannya dilakukan melalui internet alias online. Sekarang, online bisnis offline Anda adalah hal yang bijaksana dan cerdas untuk dilakukan.

Mengapa saya tidak beralih ke bisnis online?

Bahkan, toko fisik alias penjualan offline kurang optimal, karena pelanggan hanya akan berada di area tempat Anda membuka toko. Berbeda jika penjualan Anda diunggah di internet; pengunjung bisa dari mana saja!

Memiliki bisnis online di era digital ini jelas merupakan nilai tambah tersendiri. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti ini, masyarakat dituntut untuk tinggal di rumah.

Bagi mereka yang masih mengandalkan toko offline, dampaknya mungkin terasa cukup signifikan. Namun bagi yang sudah memiliki toko online, tentu tidak perlu khawatir lagi konsumen akan lari.

Tidak perlu muluk-muluk untuk memulai bisnis online. Facebook Facebook Insta adalah platform media sosial yang memungkinkan Anda untuk berbagi produk melalui media sosial setiap hari, seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya. Selain itu, e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak juga dapat dipertimbangkan untuk mengiklankan produk anda.

Sebenarnya, siapa yang diperbolehkan berbisnis, apakah hanya orang dewasa?

Pada dasarnya, setiap orang memiliki hak untuk memiliki bisnis dari usia muda hingga orang tua. Bahkan bisnis online sekarang didominasi oleh generasi milenial yang melek teknologi dan finansial sejak usia dini, salah satunya dari kalangan mahasiswa. Jadi, apa jenis bisnis online untuk siswa dapat dijalankan?

Bisnis Online Untuk Siswa

Ide dan Konsep Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, terutama yang tinggal di kos-kosan, tentu butuh tambahan uang saku, bukan? Oleh karena itu, mereka akan dituntut untuk berkreasi agar bisa menghasilkan uang sendiri; salah satunya dengan berbisnis online. Apa saja ciri-ciri Bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa?

1. Tidak Butuh Banyak Waktu

Ya, bisnis online untuk mahasiswa seharusnya tidak memakan banyak waktu. Selain fakta bahwa ada tanggungan kredit yang harus dikejar dari tugas yang diberikan, siswa juga sering membutuhkan keseimbangan kehidupan kerja dengan kongkow-kongkow dengan teman-teman se gang mereka.

Untuk itu, bisnis online yang dijalankan harus memiliki waktu yang fleksibel, namun tetap berjalan dengan tekun dan bersungguh-sungguh.

2. Dapat Dilakukan Dengan Mudah

Siapa bilang bisnis online untuk mahasiswa itu sulit? Bahkan, itu sangat mudah!

Tidak perlu memikirkan jumlah modal awal yang digunakan. Seorang siswa bahkan dapat memulai bisnis tanpa modal sama sekali, memanfaatkan keterampilannya.

Selain itu, keberadaan smartphone dengan fitur kecenya saat ini bisa menjadi “senjata” untuk memulai bisnis online. Mereka bahkan tidak perlu menyewa tempat, membeli barang untuk pajangan toko, bahkan mempekerjakan karyawan. Jadi, di mana letak kesulitannya?

3. Benar Untuk Gairah

Agar tidak membosankan, sebaiknya bisnis yang bergerak sesuai dengan passion. Selain linier dengan bidang atau kemampuan siswa, bekerja berdasarkan passion juga membuat mereka lebih bahagia dan rileks saat melaksanakannya.

Bukankah ada pepatah “pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi berbayar”? Jadi jika Anda menikmati bermain-main di bidang penulisan, maka Anda dapat mencoba bisnis online sebagai penulis.

Atau jika Anda suka menjelajahi keuangan, bisnis online yang terkait dengan pasar forex, pasar saham, dan sejenisnya bisa menjadi solusi.

Ide Bisnis Online Untuk Siswa

Ide dan Konsep Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Ada begitu banyak bisnis online di luar sana yang dapat dimanfaatkan siswa. Berikut adalah beberapa ide bisnis online untuk mahasiswa:

1. Blogger Atau YouTuber

Siapa sangka profesi YouTuber atau Blogger bisa menjadi lahan bisnis? Ya, Anda hanya perlu membuat posting untuk mengunggahnya ke situs Blog, atau membuat video dan mengunggahnya di YouTube. Bukankah ini sangat sederhana?

Sebagai Blogger, hasilnya tidak instan. Anda harus bersabar untuk melanjutkan sampai Blog Anda dapat menghasilkan uang, misalnya melalui Google Adsense atau menjual produk pribadi.

Sedangkan Sebagai YouTuber, dibutuhkan proses yang cukup lama agar followers (subscriber) Anda meningkat. Saat ini, YouTube telah menjadi salah satu platform terbesar di dunia dan banyak digunakan sebagai bidang rezeki oleh penggunanya.

Menjadi YouTuber sama dengan Menjadi Blogger; Anda harus membuat konten yang menarik dan berkualitas, sehingga pemirsa akan tertarik untuk menonton atau membaca konten.

Untuk menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari YouTube, sistemnya mirip; Anda perlu memasukkan iklan yang telah mendapatkan youtube AdSense. Dari iklan yang diklik pengunjung Anda, Anda akan mendapatkan komisi.

Untuk gajinya sendiri, Rata-rata Blogger bisa mendapatkan Rp1.000. 000 per bulan, tergantung pada pengunjung blog terkait. Sedangkan untuk Youtuber, rata-rata pemula bisa mengantongi Rp1.300. 000, -.

Dengan nominal yang dinyatakan, bukankah hasilnya sepadan? Apalagi di masa pandemi seperti ini, semakin banyak orang yang mencoba peruntungan untuk menjadi youtuber.

2. Penulis Lepas

Apakah anda hobi menulis? Jika demikian, cobalah untuk memanfaatkan hobi untuk menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas (freelancer) untuk beberapa situs.

Anda dapat menulis di mana saja, baik di rumah, di kafe, di taman, di mana saja. Anda juga tidak perlu mengenakan kemeja atau pakaian formal lainnya; Anda tidak perlu rapi, dan berdandan seperti pekerja lainnya. Tidak ada aturan dan tidak ada bos, karena Anda adalah bos!

Untuk gaji Rata-rata juga bervariasi, tergantung pada kontrak Anda telah menyimpulkan dengan majikan. Anda bisa mendapatkan Rp500.000 per bulan bahkan lebih.

Tulisan yang Anda buat juga bisa bermacam-macam; bisa berupa artikel, konten tertentu, atau tulisan untuk iklan (copywriting).

Di internet, ada banyak lowongan untuk penulisan konten dan copywriting. Bahkan, seorang copywriter dibayar hingga Rp250.000 per jam. Jadi, apakah anda tertarik?

3. Penerjemah

Memiliki kemampuan bahasa asing, tetapi tidak digunakan? Kau baru saja kalah sekali. Mengapa tidak mencoba menjadi penerjemah? Penerjemah sendiri terbagi menjadi dua, yaitu penerjemah lisan (interpreter) dan penerjemah dokumen (concerned writing).

Ada banyak sektor pekerjaan yang membutuhkan Jasa Penerjemahan, seperti menjadi pemandu wisata( tour guide), penerjemah artikel, jurnal, bahkan subtitle film.

Untuk memulai karir sebagai penerjemah tidaklah sulit. Hanya tahu dan memahami istilah asing dan menulis yang tepat.

Dengan begitu banyak persaingan untuk Penerjemah di internet, Anda harus berusaha untuk membangun portofolio yang baik.

4. Desain Grafis

Menjadi desainer grafis freelance, mengapa tidak? Di hari ini dan usia, banyak orang membutuhkan Jasa Desain Grafis, mulai dari membuat brosur, undangan pernikahan, sampul buku, logo, dan sebagainya.

Apalagi dengan media sosial saat ini, banyak orang membutuhkan Jasa Desain Grafis untuk mempercantik konten.

Jika Anda melihat-lihat, peluang untuk pekerjaan desain grafis sangat besar. Oleh karena itu, siswa dapat menggunakannya untuk menambah uang saku, terutama siswa Desain Grafis itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.