Apa Saja Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash

By | December 29, 2022

Ok sobat semunya, balik lagi nih dengan admin yang baik ini. Pada pertemuan kali ini admin akan membahas mengenai Apa Saja Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash.

Apakah potensi Bitcoin Cash lebih besar dari Bitcoin? Apa potensi keduanya di masa depan? Meskipun namanya hampir mirip, ada banyak perbedaan antara Bitcoin Vs Bitcoin Cash yang harus anda pahami.

Bitcoin menjadi salah satu aset crypto paling populer hingga saat ini. Setelah melonjak menjadi $ 68.000 per koin pada November 2021, harga Bitcoin pada saat penulisan berada di kisaran $16.000.

Seiring berjalannya waktu, jumlah koin baru yang muncul terus bertambah. Salah satu yang paling terkenal adalah munculnya Bitcoin Cash (BCH) karena dianggap sebagai tiruan dari Bitcoin asli. 

Pemula mungkin mengalami kebingungan ketika melihat Bitcoin Cash karena koin ini memiliki nama dan logo yang mirip dengan Bitcoin.

BACA JUGA:

Meskipun mereka terlihat mirip, ternyata mereka adalah 2 koin crypto yang berbeda. Jadi, apa perbedaan antara Bitcoin dan Bitcoin Cash? Mana yang lebih baik?

Bitcoin (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH)

Bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 dan dikembangkan oleh pengembang misterius bernama Satoshi Nakamoto.

Bitcoin adalah aset cryptocurrency yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi peer-to-peer tanpa melalui pihak ketiga seperti perbankan.

Selain itu, aset crypto ini memiliki pasokan maksimum 21 juta BTC. Jadi, jika jumlah total Bitcoin berhasil ditambang, tidak akan ada lagi bitcoin baru di pasaran. 

Sejak pertama kali didistribusikan, pergerakan harga Bitcoin selalu naik dan turun. Harga tertinggi mencapai sekitar Rp1 miliar, namun koin ini juga turun drastis menjadi nilai Rp1 Juta per koin hanya pada Juli 2013.

BACA JUGA:

Meskipun volatilitas tinggi, popularitas Bitcoin terus tumbuh, membuat transaksi di jaringannya semakin padat dan menyebabkan kemacetan jaringan. Ini adalah tantangan bagi pengembang untuk memecahkan masalah ini.

Bitcoin Cash merupakan salah satu bentuk upaya penyelesaian pengembang dalam mengatasi kemacetan jaringan bitcoin. Bitcoin Cash lahir setelah garpu keras dari blockchain Bitcoin pada tahun 2017.

Secara garis besar, tujuan dari Hard Fork ini adalah untuk meningkatkan ukuran blok pada blockchain Bitcoin sehingga skalabilitas transaksi pada Bitcoin dapat meningkat.

Dengan memiliki kapasitas blok yang lebih besar, tentunya Bitcoin Cash diharapkan dapat mempercepat dan mengurangi biaya transaksi.

Oleh karena itu, BCH sudah menjadi alternatif bagi para pengguna yang ingin melakukan transaksi lebih besar.

Perbandingan Bitcoin Vs Bitcoin Cash

Berikut adalah beberapa poin penting yang membuat perbedaan antara Bitcoin dan Bitcoin Cash.

  1. Ukuran Blok

Perbedaan mendasar antara 2 koin ini adalah dalam hal ukuran blok yang mereka miliki. Bitcoin memiliki ukuran blok hanya 1 MB, sehingga crypto ini tidak dapat memproses terlalu banyak transaksi dalam satu waktu. 

Setelah Hard Fork yang melahirkan Bitcoin Cash, kapasitas blok yang semula hanya 1 MB kemudian ditingkatkan menjadi 32 MB.

Dengan kapasitas blok yang jauh lebih besar, Bitcoin Cash mampu melakukan lebih banyak transaksi daripada Bitcoin asli.

  1. Biaya Transaksi

Selain kemacetan jaringan, ukuran blok yang terlalu kecil pada blockchain Bitcoin juga menimbulkan masalah lain, yaitu tingginya biaya (fee) pada setiap transaksi.

Nah sobat, Bitcoin Cash juga merupakan upaya inovasi oleh pengembang untuk mengurangi biaya transaksi. 

Menurut CoinMarketCap, biaya transaksi terendah di jaringan Bitcoin adalah sekitar $20 dan masih bisa lebih tinggi ketika aktivitas jaringan sangat padat. Sebaliknya, Bitcoin Cash hanya berharga sekitar $0,0027.

  1. Hash Rate

Dalam hal tingkat hash atau kekuatan penambangan, Bitcoin masih lebih tinggi. Tingkat Hash adalah berapa banyak daya komputasi yang digunakan penambang untuk memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringan.

Dengan mengetahui kekuatan hash rate, maka bisa juga diketahui kekuatan dan keamanan jaringan blockchain.

Menurut data Bitinfocharts, Hash rate bitcoin Saat ini mencapai 234.363 Ehash / s. sebaliknya, total Hash rate Bitcoin Cash hanya sekitar 1.425 Ehash / s.

Jadi dalam hal ini, Bitcoin memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Bitcoin Cash. 

  1. Popularitas

Faktor berikutnya yang membedakan Bitcoin vs Bitcoin Cash adalah tingkat popularitas. Dalam hal ini, sudah terlihat jelas mana di antara mereka yang lebih unggul.

Bitcoin telah mendominasi pasar crypto sejak awal dengan berada di peringkat 1 dalam kapitalisasi pasar terbesar.

Koin ini juga masih yang paling mahal dan diperdagangkan di kisaran $16.000 per koin. Dalam hal pertukaran, BTC juga terdaftar di lebih banyak platform.

Meskipun tidak sepopuler Bitcoin asli, Bitcoin Cash ternyata cukup diterima oleh investor crypto. Hal ini dapat dilihat dari posisi BCH yang berada di peringkat ke-26 di CoinMarketCap dan diperdagangkan di kisaran $102 per koin.

BACA JUGA:

Jadi, Apakah Bitcoin Cash lebih baik dari Bitcoin Asli?

Jika dilihat dari kapasitas blok dan kecepatan transaksi, BCH memiliki ruang yang lebih besar yang memungkinkan lebih banyak transaksi dibandingkan dengan Bitcoin asli.

Namun jika dilihat dari segi popularitas dan keamanan, Bitcoin tentu jauh lebih dominan. Hal inilah yang membuat investor tetap memilih Bitcoin asli dibandingkan dengan Bitcoin Cash. 

Namun, ada kemungkinan bahwa Bitcoin Cash akan terus meningkat di masa depan karena kapasitas blok yang lebih besar dan menyediakan banyak ruang untuk pengembang.

Jadi, dapat dikatakan bahwa Bitcoin Cash menghasilkan potensi teknologi yang jauh lebih baik di masa depan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Apa Saja Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash. Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *