12 Ketentuan Perdagangan dan Investasi Emas untuk Pemula

By | January 21, 2023

Halo sob, bertemu lagi nih dengan admin yang baik ini. Pada pertemuan kali ini admin akan membahas tentang 12 Ketentuan Perdagangan dan Investasi Emas untuk Pemula.

Sebelum berinvestasi emas, alangkah baiknya jika Anda mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Beberapa istilah berikut tentang trading dan investasi emas bisa menjadi referensi untuk Anda.

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang paling populer karena dianggap memiliki ketahanan terhadap resesi ekonomi.

Tidak hanya itu, emas juga memiliki harga yang cukup stabil dan cenderung naik seiring berjalannya waktu. Jadi, tidak heran jika emas mendapat julukan sebagai aset Safe Haven.

Selain itu, banyak trader juga mulai memandang emas sebagai instrumen trading yang relatif aman dan menjanjikan dalam memberikan keuntungan.

Biasanya, saat ini perdagangan emas dilakukan secara online melalui broker forex di instrumen XAU / USD, sehingga harga referensi yang digunakan adalah emas versus Dolar AS.

BACA JUGA:

Bagi pemula yang ingin berinvestasi atau memperdagangkan emas tentunya perlu mengetahui seluk beluk instrumen ini.

Hal ini bisa dilakukan dengan memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam trading dan investasi emas. Ada sesuatu?

12 Ketentuan Perdagangan dan Investasi Emas

  1. Gold Reserve (Cadangan Emas)

Cadangan emas atau dalam bahasa Indonesia disebut Cadangan Emas, adalah istilah yang mengacu pada jumlah emas yang dipegang oleh bank sentral nasional dalam bentuk emas batangan; dan berfungsi sebagai jaminan untuk menebus deposan, pemegang uang kertas, atau mitra dagang.

Cadangan Emas ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai pengukur nilai dan mendukung nilai mata uang nasional.

Dengan kata lain, nilai mata uang suatu negara dapat diukur dengan jumlah emas yang dimiliki oleh negara yang bersangkutan.

Bank sentral biasanya mempertahankan cadangan emas ini untuk menopang kekuatan ekonomi negara.

Misalnya, jika bank sentral ingin mencetak lebih banyak uang, Cadangan Emas berfungsi sebagai lindung nilai terhadap kemungkinan risiko inflasi. Diperkirakan sekitar 20% dari emas yang telah ditambang dipegang oleh bank sentral.

  1. Bullion

Bullion adalah istilah yang digunakan untuk menyebut emas dengan tingkat kemurnian minimal 99,5%. Bullion sendiri biasanya dalam bentuk emas batangan atau koin.

Bullion memiliki bentuk yang sangat relatif sederhana karena fungsi utamanya adalah sebagai cadangan emas.

Bullion sendiri harus memiliki tingkat kemurnian yang tinggi dan biasanya diekstraksi dari biji emas yang bisa dari perut bumi dengan bantuan bahan kimia tertentu.

Bullion murni yang dihasilkan juga disebut “parted bullion” sedangkan Bullion yang mengandung lebih dari satu jenis logam disebut “unparted bullion”.

  1. Gold Grade (Peringkat Emas)

Istilah Gold Grade atau Peringkat emas mengacu pada kemurnian emas yang biasanya dipengaruhi oleh kualitas tambang tempat emas diekstraksi.

World gold exchange menawarkan berbagai macam produk dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Oleh karena itu, perlu pandangan ke depan untuk memahami aturan Kelas Emas di setiap negara dan Pertukaran.

  1. Karat

Istilah ini mungkin terdengar lebih familiar karena biasa digunakan dalam transaksi emas seperti saat membeli dan menjual perhiasan.

Karat adalah tanda yang menunjukkan dan mengukur kemurnian emas. Karat sering disingkat kr atau cr. Emas umumnya dikategorikan sebagai 24, 22, 10, 14, 10 karat.

emas 24 karat adalah emas dengan kemurnian tertinggi. Jenis emas ini mewakili “Emas Murni” yaitu 99,9%.

Sepotong emas 24 Karat terdiri dari 100 persen emas dan tidak ada paduan yang tercampur di dalamnya.

Kemurnian emas juga dapat diukur dalam persentase dan bagian per seribu. Untuk menentukan tingkat kemurnian emas, ada perhitungan yang dapat digunakan dengan membagi massa total emas pada benda dengan massa total benda, kemudian mengalikan rasio ini dengan 24 untuk mendapatkan angka antara 1 dan 24.

Angka ini kemudian dibulatkan ke bilangan bulat terdekat. Namun, nilai karat 23.976 atau lebih tinggi dapat dibulatkan menjadi 24.

Berikut adalah tingkat umum kemurnian emas yang biasa digunakan di seluruh dunia:

  • 24 karat: emas murni (99,9%).
  • 23 karat: 94,8-98,89% emas.
  • 22 karat: 90,60-94,79% emas..
  • 21 karat: 86,50-90,59% emas.
  • 20 karat: 82,30-86,49% emas.
  • 19 karat: 78,20-82,28% emas.
  • 18 karat: 75,40-78,19% emas.
  1. Troy Ounce (Troy Ons)

Troy Ounce adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menimbang logam mulia. Unit ini berasal dari Abad Pertengahan dan pertama kali digunakan di Troyes, Prancis. Menurut UK Royal Mint, satu Troy Ounce sama dengan 31,1034768 gram.

Troy Ounce masih dipertahankan bahkan hari ini sebagai unit standar pengukuran di pasar logam mulia untuk memastikan standar kemurnian. Jadi, ketika harga logam mulia terdaftar per ons, itu sering mengacu pada Troy ons.

Namun, ada sedikit perbedaan antara Troy ons dan unit ons biasa. Ounce avoirdupois hanya disebut ounce (oz), adalah unit yang biasa digunakan di Amerika Serikat untuk mengukur makanan dan barang lainnya, kecuali logam mulia.

Ini setara dengan 28,349 gram atau 437,5 butir. Troy Ounce sedikit lebih berat yaitu 31,1 gram atau selisih 2.751 gram.

BACA JUGA:

  1. Standar Ounce

Ons standar adalah satuan untuk mengukur massa suatu benda. Dalam dunia investasi emas, satuan Ounce atau Ounce sering digunakan bersamaan dengan penggunaan Troy ounce.

Sebagai perbandingan, satu ons biasa adalah 28,35 gram, sedangkan satu ons Troy adalah 31,1 gram atau satu kilogram sama dengan 32,1507 ons Troy.

Pengetahuan tentang perbedaan ini sangat berguna karena seringkali penjual menggunakan dua ukuran yang berbeda sehingga dapat merugikan pembeli.

  1. Dinar dan Dirham

Asal usul Dinar dan Dirham adalah mata uang asli Romawi dan Persia di zaman kuno. Pada saat itu, keduanya adalah negara adidaya di dunia.

Dinar berarti uang emas 71,5 sya’ir atau kurang lebih 4,68 gram, dan koin emas seberat 4,25 gram dengan kandungan 22 karat (91,7%). Sedangkan Dirham adalah perak murni dengan berat 2.975 gram.

Saat ini dinar dapat dibeli di banyak tempat salah satunya adalah PT. ANTAM. Muslim percaya bahwa berinvestasi dalam dinar atau emas memiliki nilai Dakwah karena mengikuti sunnah Rasullulah.

Selain itu, Dinar juga memiliki keunggulan lain, yaitu nilai standarnya, dimana setiap bagiannya setara dengan emas 22 karat seberat 4,25 gram.

Dinar juga mudah diperdagangkan di kawasan global, terutama di negara-negara Timur Tengah seperti Kuwait, Bahrain, Irak, dan lainnya.

  1. Fineness

Kehalusan adalah salah satu indikator selain karat untuk mengetahui nilai emas. Secara singkat, kehalusan mengukur persentase emas terhadap logam lain dalam bagian per seribu. Oleh karena itu, skala kehalusan yang sebenarnya jauh lebih tepat daripada karat.

Dalam sistem ini, 999,9 adalah emas murni setara dengan 24 karat seperti yang telah dijelaskan di atas. emas 9 karat, sembilan bagian emas hingga lima belas bagian logam lainnya adalah kehalusan 375. Skala kehalusan Emas adalah 375, 585, dan 750.

  1. Akun Pool

Singkatnya, akun Pool adalah kondisi ketika seseorang membeli emas tetapi emas disimpan oleh penjual atau toko.

Akun Pool ini bisa dibilang sangat mirip dengan sertifikat emas, tetapi memiliki perbedaan mendasar atas jaminan kepemilikan.

Nilai uang dalam akun ini tergantung pada harga emas, tetapi dapat bervariasi sesuai dengan jenis akun dan strategi perusahaan pengelola. Ada dua jenis akun Pool: akun yang dialokasikan dan akun yang tidak dialokasikan.

Akun yang dialokasikan sangat mirip dengan sertifikat emas. Saat berinvestasi menggunakan akun ini, emas batangan atau koin tidak akan dapat digunakan oleh perusahaan yang mengelola akun tersebut tetapi pemiliknya dapat menjual atau memindahkan emas tersebut kapan saja.

Selain itu, karena emas adalah milik pemilik sebenarnya dan bukan bagian dari cadangan emas bank atau organisasi lain, emas yang dialokasikan tidak akan disita jika terjadi krisis likuiditas.

Sementara akun yang tidak terisi dalam hal ini kepemilikan sepenuhnya ada di perusahaan. Emas tetap menjadi milik bank; dan investor pada dasarnya adalah kreditor bank.

Itu sebabnya premi yang terlibat sedikit lebih rendah. Jenis akun ini adalah bentuk investasi emas yang paling umum di seluruh dunia.

BACA JUGA:

  1. London Gold Fix

Istilah lain yang sering muncul dalam dunia perdagangan dan investasi emas adalah London Gold Fix. Secara singkat, Perbaikan Emas London adalah proses penetapan harga emas di pasar bullion London. London Gold Fix melibatkan pedagang emas dari lima bank emas terbesar.

Mereka berkumpul untuk menetapkan harga transaksi konsensus untuk pesanan jual besar dan biasanya harga ditetapkan dalam unit mata uang USD, Euro, dan pound sterling.

Bank-bank Bullion ini Bertindak atas nama mereka sendiri serta pelanggan mereka yang memperdagangkan limit order untuk berdagang dengan harga London Gold Fix.

  1. COMEX

COMEX adalah singkatan dari Commodity Exchange yang merupakan pertukaran utama untuk emas berjangka dan merupakan divisi dari Chicago Mercantile Exchange, atau “CME”.

COMEX berbasis di Amerika Serikat tetapi banyak pedagang dari seluruh dunia berpartisipasi dalam kegiatan jual beli di bursa ini.

Tidak hanya emas, berbagai jenis logam mulia juga diperdagangkan di sini seperti perak, tembaga, dan aluminium.

Karena pengaruhnya yang besar, COMEX memainkan peran penting dalam perdagangan emas dan logam lainnya.

Ukuran kontrak standar adalah 100 Troy ounce, dengan dua kontrak tambahan yang lebih kecil pada 50 dan 10 Troy ounce.

  1. ETF emas dan emas berjangka

ETF emas adalah komoditas yang diperdagangkan seperti saham dan telah menjadi bentuk investasi. ETF emas baru-baru ini menjadi sangat populer karena memberikan lebih banyak keragaman dalam portofolio investor.

Faktanya, investor sebenarnya tidak memiliki komoditas emas secara fisik. Sebaliknya, mereka hanya memiliki sejumlah kecil emas.

Ini berbeda dengan Emas Berjangka, yang merupakan kontrak yang diperdagangkan di bursa. Kedua belah pihak sepakat bahwa pembeli akan membeli komoditas pada harga yang telah ditentukan pada tanggal yang telah ditentukan di masa depan.

Investor dapat memasukkan uang mereka ke komoditas tanpa harus membayar di muka penuh, sehingga ada fleksibilitas dalam waktu dan cara pelaksanaan transaksi.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang 12 Ketentuan Perdagangan dan Investasi Emas untuk Pemula. Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *